Minggu, 25 September 2011

MACROMEIAFLASH=Mengenal Movie Clip, Frame, Keyframe dan Tweening




Masih melanjutkan Teori Dasar : Bagian 1.
Membuat Movie Clip :
1. Pilih Menu Insert, kemudian New Symbol... Name : Symbol2 Behaviour : Movie Clip
    Sekarang anda mempunyai Movie Clip bernama Symbol2
2. Masukkan Symbol2 ke dalam Stage Movice Clip Symbol2
3. Kemudian Click Kanan pada frame ke-10 dan pilih insert Keyframe ( lihat gb. 1 ).

4. Lalu click kanan antara posisi frame ke-1 dan frame ke-10, kemudian pilih property. Dan pada bagian tweening pilih tweening : motion. 5. Sekarang anda dapat merubah posisi instance pada frame ke-1 ( awal ) maupun frame ke-10 ( akhir ), kemudian anda coba jalankan dengan menekan tombol ENTER. Anda akan melihat animasi movie clip Symbol2. ( lihat gambar 2 )
6. Tanda panah panjang dari frame awal ke frame akhir merupakan tanda tweening yang akan otomatis membuat gambar bergerak dari frame awal ke akhir.
7. Coba Anda tambahkan keyframe ( frame kunci ) pada frame ke-5. Sekarang anda memiliki 3 frame kunci, yaitu frame ke-1 ( frame awal ),  frame ke-5 dan frame ke-10 ( frame akhir). Sekarang rubah posisi ke-3 instance pada frame kunci tersebut untuk menambah variasi dalam animasi Anda.
8. Kemudian kembali ke Stage Utama "Scene 1"  dengan meng-click tulisan Scene 1 ( lihat gambar 1 ). Di sini anda dapat memasukkan movie clip Symbol 2 ke dalam stage. Kemudian tekan Ctrl+ENTER untuk melihat hasilnya.
Catatan :
  • Motion tweening dipakai hanya untuk symbol dan Motion Shape dipakai hanya untuk shape.
  • Untuk membuat animasi berjalan, minimal dibutuhkan 2 keyframe. Di sini kita harus benar-benar memahami apa perbedaan antara frame dan keyframe.
Selamat anda telah mengenal Movie Clip, Frame, Keyframe dan Tweening

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates